[Sinopsis] The Professor and The Madman

Siapa yang tidak tahu dengan The Oxford English Dictionary? Kamus bahasa Inggris terbitan Oxford University ini memang berbeda dari kamus bahasa Inggris yang lain. Perbedaannya terletak pada kelengkapan kosakatanya, pemaparan makna yang dilengkapi dengan kronologi sejarah, hingga catatan kakinya yang berasal dari berbagai sumber, baik dari buku sastra klasik maupun berbagai literatur lainnya.

Tapi percayakah kalian, penyusun kamus fenomenal ini, salah satunya, adalah ‘orang gila’?

James August Murray (diperankan oleh Mel Gibson) adalah seorang ahli bahasa yang cakap. Setidaknya ada 17 bahasa yang ia kuasai dengan fasih. Ia, kemudian dipercaya memimpin proyek besar penyusunan kamus bahasa Inggris berdasarkan prinsip sejarah. Sesuatu yang sudah dilakukan selama 20 tahun lebih oleh akademisi Oxford, tetapi selalu menemui jalan buntu.

Di tengah ketidakpercayaan beberapa kalangan atas latar belakang dan kualifikasi pendidikannya, Murray justru membuat mereka kagum dengan idenya yang cukup radikal. Ia mengajak semua orang, baik akademisi maupun orang biasa, untuk bersama-sama berkontribusi dalam proyek bersejarah itu. Caranya, dengan mengirimkan kata dalam secarik kertas, dilengkapi makna dan kutipan yang berasal dari literatur sastra Inggris, kemudian mengirimkan ke Murray melalui pos.

Awalnya cara ini berjalan dengan baik, tapi kemudian Murray dan timnya menemui kendala di beberapa kosakata yang sulit ditemukan referensinya. Saat itulah, dr. William Chester Minor (diperankan oleh Sean Penn) menjadi juru selamat bagi Murray dalam memecahkan persoalan peliknya itu.

Dr. Minor sendiri adalah veteran kapten angkatan darat di perang saudara Amerika Serikat, yang tidak sengaja melakukan tindakan pembunuhan di Inggris. Di persidangan, ia tidak cuma terbukti bersalah, tetapi juga terbukti mengidap kelainan jiwa schizophrenia, yang kemudian membuatnya ditahan di rumah sakit jiwa. Di tempat itulah dr. Minor berkontribusi atas lebih dari 10 ribu kata beserta definisinya di tengah kondisi kejiwaannya yang tidak stabil.

Film yang diadaptasi dari novel sejarah dengan judul yang sama, karya Simon Winchester ini, tidak hanya berkisah seputar penyusunan kamus oxford itu saja, tetapi ada kisah tentang amarah, cinta, persahabatan, pengorbanan, dan pengampunan yang mewarnai keseluruhan alur cerita.

Kalian akan sangat tersentuh ketika menyaksikan bagaimana penderitaan dr. Minor yang disiksa oleh khayalannya sendiri. Perjuangan membuat dirinya tetap ‘waras’ dengan membaca dan berkontribusi dalam penyusunan kamus, serta penolakan atas niat baiknya menolong istri dan anak-anak dari pria yang tidak sengaja ia bunuh, juga menjadi bagian drama yang menarik dalam film ini.

Hadirnya 2 aktor kawakan peraih Oscar, Mel Gibson dan Sean Peann, saya kira cukup menjadi alasan kalian untuk percaya, bahwa film ini benar-benar layak untuk ditonton.

5 pemikiran pada “[Sinopsis] The Professor and The Madman

  1. Saya kemarin baca kak, kalau bahasa inggris dari British itu ada aksennya seperti misalnya : water jadi wotah

    Pernah baca teks di film james bond.

    Btw, British sama England itu sama atau nggak ya?

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s