Tak Punya Teman

Orang baik punya banyak teman, begitu yang sering kita dengar. Murah senyum, supel, asik diajak ngobrol, plus pandai membuat candaan, tak dipungkiri bisa mendatangkan segudang teman buat kita. Tapi benarkah ‘teman’ yang akan datang? Ataukah sekedar orang kebanyakan yang intuitif merespon keramahan kita dengan sikap yang ramah juga?

Iya, aku pernah tertipu oleh pertemanan orang-orang kota di usia mereka yang sudah tidak lagi muda itu. Pergi kemana saja bersama, seiya sekata dalam banyak hal, makan bersama, rame-rame membicarakan dari belakang orang-orang yang siang itu masuk jadwal mereka untuk digunjing. Ah, orang mana yang tak menyangka jika mereka adalah kawanan teman akrab, tak terpisahkan, sohib kental, yang jika satu diusik, yang lain berontak. Siapa yang tidak menyangka seperti itu?

Hingga suatu hari, seorang dari mereka tak sedang ada, ia mungkin mengira ketidakhadirannya akan dibela oleh kawanannya, ditutupi aibnya, diselamatkan kepentingannya. Eh, ternyata, yang diharapkan juga tak luput ‘menelanjanginya’ dari belakang. Besoknya giliran yang lain punya udzur, dan hal yang sama pun terjadi padanya.

Pertemanan macam apa ini? Ataukah aku saja yang terlalu menetapkan standar tinggi tentang mana yang masuk kategori teman itu?

Di usia yang tak lagi muda ini, kita memang tak akan punya banyak musuh, tapi kita juga tak akan punya banyak teman. Pertemanan akan mudah didapat, tapi serasa kehilangan ruh. Sudah lewat masa-masa dimana temanmu akan bertaruh diri membelamu di hadapan banyak orang, meski tingkahnya membuatmu meradang jika sendiri. Memiliki teman seperti itu adalah kemewahan di usia tengah baya ini.

“Sim, kasihan kamu! Makan sendiri di pantry. Ga punya teman ya?” Begitu sapa spontan salah seorang dari mereka. Kubalas senyum simpul, sembari hati berkata, Kamu sebenarnya juga.

12 pemikiran pada “Tak Punya Teman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s